Ini Fitur di Telegram yang Disebut Lebih Baik dari WhatsApp

Makin Canggih! Inilah Deretan Fitur Telegram yang Semakin Mengalahkan WhatsApp (Pixabay)

MAKASSARINSIGHT.com  - Aplikasi WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang saat ini digemari banyak orang, termasuk bagi masyarakat Indonesia. Namun ternyata, tidak hanya WhatsApp saja yang memiliki banyak pengguna. 

Masih ada Telegram yang merupakan aplikasi perpesanan yang tampaknya telah berkembang menjadi ancaman terbesar bagi WhatsApp. Bahkan, aplikasi perpesanan instan yang diluncurkan pada Agustus 2013 ini sebenarnya telah sering membuat pengumuman besar, seperti mengizinkan penggunanya untuk transfer file sebesar 1GB sementara WhatsApp hanya mengizinkan transfer file sebesar 16MB saja.

Tidak hanya itu, Telegram bahkan dari dulu telah memiliki ukuran grup yang besar sampai 5.000 anggota pada tahun 2015 sementara WhatsApp hanya memiliki 30 anggota grup saja pada waktu yang sama.

Baca Juga: 

Tidak dipungkiri WhatsApp memang masih menjadi platform perpesanan instan yang populer, tapi Telegram tidak ketinggalan jauh, bahkan mengingat fakta bahwa Telegram sebetulnya 4 tahun lebih muda daripada WhatsApp.

Deretan Fitur Telegram yang Semakin Canggih 

Sebetulnya sudah banyak fitur Telegram yang sepertinya belum disusul oleh WhatsApp, seperti grup atau channel dengan banyak anggota serta fitur share screen saat melakukan panggilan video yang biasanya hanya ada di aplikasi meeting online.

Aplikasi Telegram juga baru saja memberikan beberapa fitur baru yang membuatnya jadi semakin canggih, seperti berikut ini.

1. Membagikan folder obrolan

Baru-baru ini telegram memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna berbagi folder obrolan melalui link atau tautan. Dengan membagikan tautan folder obrolan tersebut, Anda dapat mengundang teman Anda untuk bergabung dengan grup tersebut.

2. Fitur wallpaper custom

Telegram mengizinkan pengguna mengaplikasikan wallpaper khusus untuk setiap obrolan. Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan foto apapun pilihan Anda atau kombinasi warna.

Fitur baru ini akan memudahkan Anda saat melakukan obrolan dengan orang lain. Anda bahkan juga bisa menggunakan wallpaper yang sama dengan penerima pesan Anda.

3. Peningkatan kualitas bot

Bot di Telegram memiliki kemampuan untuk melakukan hosting aplikasi web yang dapat menawarkan berbagai layanan dan utilitas kepada jutaan pengguna.

4. Gulir cepat untuk mencari lampiran

Telegram juga melakukan penyempurnaan pada menu lampiran. Pengguna bisa melakukan gulir dengan kecepatan super cepat mirip dengan fitur Shared Media. Selain itu, Anda juga bisa mencari lampiran secara lebih efisien dengan menurunkan bilah tanggal.

5. Peningkatan antarmuka

Telegram baru saja memperkenalkan fitur baru seperti opsi ‘Send When Online’ yang membutuhkan lebih sedikit ketukan. Selain itu, Anda juga bisa membuat grup langsung tanpa harus menambahkan anggota.

Bahkan, di iPhone terbaru, Telegram juga telah menambahkan animasi baru untuk dibuat sebagai foto profil. Saat menggulir ke halaman profil dan info, foto profil akan meluncur mulus ke dynamic island yang akan menambah daya tarik visual baru aplikasi pada perangkat iPhone 14 Pro.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa fitur baru Telegram yang sayang untuk dilewatkan. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories