Ingin Tahu Kalau Kondisi Keuangan Anda Sehat? Perhatikan 5 Hal Ini

5 Tanda Anda Memiliki Kondisi Keuangan yang Sehat (Freepik)

MAKASARINSIGHT.com - Memiliki kondisi keuangan yang sehat adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Akan tetapi, kondisi keuangan Anda tentu juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti usia, status pekerjaan, tingkat pendapatan, ukuran keluarga, dan lokasi tempat tinggi.

Sementara itu, tentu Anda memiliki tujuan keuangan yang ingin segera diraih, seperti memiliki rumah, memberikan fasilitas pendidikan yang layak bagi anak-anak dan sebagainya. Akan tetapi, terpenuhinya tujuan keuangan tersebut juga membutuhkan keuangan yang sehat.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda apakah Anda memiliki keuangan yang sehat atau tidak.

Baca Juga: 

Ciri-ciri Anda Memiliki Keuangan yang Sehat

Ciri-ciri Anda memiliki keuangan yang sehat

Berikut beberapa tanda yang dapat memberi tahu Anda bahwa Anda sudah memiliki keuangan yang sehat.

1. Anda Mampu Memahami Arus Kas

Anda memiliki kondisi keuangan yang sehat ketika Anda memahami bagaimana uang masuk dan keluar dari tabungan atau rekening Anda. Ketika Anda menyadari berapapun uang yang Anda peroleh dan yang telah Anda belanjakan, itu artinya Anda memberi diri Anda kendali penuh atas keuangan Anda. 

Untuk memahami arus kas Anda, itu artinya Anda harus melacak semua pengeluaran dan pemasukan Anda, mulai dari berapa banyak gelas kopi yang Anda beli per minggu hingga memantau penghematan yang Anda lakukan untuk mendorong pertumbuhan kekayaan. Setelah mengidentifikasi tujuan keuangan, perhatikan target Anda dan pahami bahwa setiap hal kecil ternyata bisa membuat perbedaan dan hal itu merupakan tanda kesehatan finansial yang baik.

2. Berbelanja dengan Sadar

Niat baik bisa saja gagal ketika Anda tidak berbelanja dengan kondisi sadar. Masalahnya, sangat mudah untuk ‘menutup mata’ ketika Anda memiliki keinginan akan sesuatu yang melebihi kemampuan Anda.

Jika ini adalah sesuatu yang terjadi pada Anda, inilah saatnya untuk menyesuaikan kembali pola pikir Anda. Ketika Anda ingin berbelanja sesuatu secara spontan, cobalah untuk berhenti sejenak untuk mempertimbangkan apakah belanja yang dilakukan penting atau tidak. Hal ini karena setiap keputusan keuangan yang Anda pilih akan memengaruhi rencana keuangan Anda secara keseluruhan.

3. Anda Disiplin Mematuhi Anggaran Anda

Tidak diragukan lagi bahwa anggaran keuangan adalah sesuatu hal yang membosankan dan memiliki kekuatan bahwa Anda tidak memiliki uang sebesar yang Anda inginkan. Namun, pada kenyataannya, angagran adalah alat yang ampuh untuk membantu Anda mencapai kebebasan finansial.

Tanpa disiplin mematuhi anggaran keuangan, Anda hanya ‘berkeliaran’ begitu saja tanpa mengetahui cara untuk mengontrol atau mengukur kemajuan yang telah Anda raih. 

4. Anda Memiliki Tabungan Dana Darurat

Anda tentu tidak ingin tabungan yang selama ini dikumpulkan justru habis karena keadaan darurat, baik itu diakibatkan kehilangan pekerjaan, masalah medis, dan keperluan lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memiliki dana darurat, untuk menenangkan pikiran Anda sekaligus membantu Anda menangani masalah darurat yang muncul. Di sisi lain, memprioritaskan dana darurat adalah indikator yang sangat baik untuk berada di jalur finansial yang sehat.

5. Memiliki Tabungan Pensiun

Semua orang tentu tidak ingin bekerja selamanya, apalagi mengingat ketika usia sudah tua atau lanjut, Anda tentu memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki tabungan dan rencana pensiun. Hal ini agar ketika Anda mencapai usia masa pensiun, Anda sudah memiliki tabungan yang dapat digunakan untuk menghidupi Anda ketika Anda sudah tidak bisa bekerja lagi.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa ciri-ciri yang menandakan Anda memiliki keuangan yang sehat. Apakah Anda sudah memilikinya?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 05 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories