Ingat 15 Oktober, Sebanyak 18 Ribu Pelajar Tanam Mangrove Serentak

Mangrove

DINAS Kelautan dan Perikanan Sulsel berkolaborasi Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel akan menanam 250 ribu batang bibit mangrove.

Kolaborasi aksi penanaman mangrove melibatkan 18 ribu pelajar SMA dan SMK tersebut akan dilaksanakan secara serentak tanggal 15 Oktober 2022 di sembilan wilayah pesisir kabupaten kota di Sulsel.

Masing-masing Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kabupaten Luwu Utara, Kota Palopo, Kabupaten Bone, Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Bukan hanya siswa, warga Sulsel juga akan terlibat mangrove.

Kepala Disdik Sulsel, Setiawan Aswad mengatakan, selain untuk memperingati Hari Jadi ke-353 Sulsel, menanam ratusan ribu mangrove secara serentar di sembilan wilayah pesisir Sulsel, sebagai upaya untuk penghijauan.

“Selain itu juga untuk melestarikan dan penguatan ekosistem perikanan dan kelautan, khususnya di Sulawesi Selatan,” ungkap Setiawan.

Pelibatan siswa siswi dalam aksi tersebut, kata Setiawan, sejalan dengan program Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk menciptakan pelajar Andalan yang peduli lingkungan.

“Beberapa kegiatan terkait hal tersebut, di antaranya gerakan penanaman pohon, gerakan sekolah hijau dan produktif, termasuk di dalamnya sekolah bebas sampah plastik. Harapannya, dengan aksi penanaman mangrove nantinya dapat membangun kesadaran siswa/siswi terhadap pelestarian lingkungan,” pungkasnya.

Editor: El Putra

Related Stories