GoFood Festival Picu Geliat UMKM Kuliner Makassar

Ekonomi Bisnis 26 Des 2019, By Patrialis Muhammad
GoFood Festival Picu Geliat UMKM Kuliner Makassar (Ilustrasi UMKM Kuliner)

Jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Makassar menunjukkan pertumbuhan yang cukup tinggi dalam tahun-tahun terakhir. Meski kontribusinya belum optimal terhadap sektor perekonomian Makassar.

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar mencatat jumlah pelaku UMKM sebanyak 16.492. Jumlah tersebut bergerak pada beragam sektor. Salah satunya adalah sektor kuliner yang banyak diminati masyarakat. Hal ini pun diamini oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar Evi Apriliyati yang mengatakan bahwa Kota Makassar memang terkenal dengan kekayaan kulinernya.

Menyadari hal tersebut, Gojek melalui GoFood Festival membuka ruang dan peluang sebesar-besarnya kepada UMKM kuliner Kota Makassar untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan hasil penjualan usaha kulinernya. Di GoFood Festival, para pelaku UMKM diberikan tempat yang nyaman untuk berjualan dan tempat yang strategis agar para pedagang kuliner ini bisa menjangkau target pelanggan yang tidak hanya berkunjung langsung, namun melakukan pesanan via layanan GoFood di aplikasi Gojek.

Dengan opsi pemesanan yang beragam secara offline dan online, tentunya pedagang kuliner di GoFood Festival bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Seperti dinyatakan oleh hasil riset Nielsen Singapura berjudul “Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market” mengungkapkan 84% masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood menawarkan layanan pesan-antar makanan terbaik di Indonesia, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata industri (39%).

Keberhasilan Gojek dalam mengedukasi pasar mengenai pesan antar makanan secara online memberikan dampak positif atas keberhasilan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah UMKM – khususnya bidang kuliner di Kota Makassar. Mengingat, sulitnya para pelaku UMKM Kuliner bersaing menghadapi tantangan zaman dengan kemajuan sistem teknologinya.

Berdasarkan catatan internal GoFood, peningkatan omzet mitra merchant setelah bergabung dengan layanan GoFood tercatat mencapai 3,5 kali lipat. Capaian ini mencatat total 500.000 mitra merchant di seluruh Asia Tenggara yang 96 persen diantaranya merupakan UMKM.

Juanda Syamsul, pengusaha ST Koda (Es Teler Kota Daeng), mengaku setelah bergabung menjadi mitra UMKM GoFood, usahanya mengalami peningkatan drastis terutama sejak Makassar menyediakan tempat berjualan untuk para UMKM Kuliner Makassar di GoFood Festival EatOut Karebosi Link. Hal tersebut membantu Juanda yang lokasi usahanya tidak terlalu strategis menjadi lebih terjangkau oleh para calon konsumen

“Benar-benar terasa adanya perubahan dari segi penjualan yang meningkat sejak adanya GoFood. Sekarang menjadi lebih mudah untuk menjangkau calon konsumen yang sebelumnya tidak terjangkau karena keterbatasan dalam mengelola strategi marketing dan promosi,” ujar Juanda saat diwawancara.

Dampak lain dari keberadaan GoFood Festival yang dirasakan Juanda adalah pangsa pasar yang semakin luas. Hal tersebut dipengaruhi oleh bertambahnya titik atau outlet bisnis UMKM miliknya yang tadinya hanya satu kini bertambah menjadi dua dengan dibukanya outlet baru di GoFood Festival.

“Di GoFood Festival banyak sekali promo yang untuk pemesanan via GoFood maupun transaksi langsung menggunakan metode pembayaran GoPay. GoFood Festival merupakan inovasi yang sangat membantu bagi kami dalam mencari lokasi strategis dan promosi menarik ,” tutup Juanda.

undefined

Patrialis Muhammad