Gelar Munas Pertama, APTIKIS Indonesia Hadirkan Wapres Ma'ruf Amin

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTIKIS) berjumlah 846 Perguruan Tinggi. Terbagi ke dalam tiga kategori yakni Institut sebanyak 94 perguruan tinggi, Sekolah Tinggi sebanyak 636 Perguruan Tinggi, dan Fakultas Agama Islam sebanyak 116. PTIKIS tersebar di seluruh wilayah tanah air dan berada di daerah yang jauh dari pusat kota, jelas DR. H. Maslim Halimin, S.Ag. MA Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (APTIKIS). Pertumbuhan PTIKIS dapat dimaknai sebagai semangat perjuangan yang tinggi untuk memberi kesempatan yang sama bagi setiap generasi bangsa, yang mengalami kesulitan untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi lain di kota-kota besar tambah Muslim Halimin.

Kehadiran perguruan tinggi keagamaan Islam, benar- benar dapat dirasakan manfaatnya bagi sebagian orang yang memiliki keinginan untuk belajar dan melanjutkan pendidikannya sampai ke jenjang S1, tetapi memiliki keterbatasan yang sangat kompleks, antara lain karena faktor jarak yang sangat jauh ke kota untuk melanjutkan pendidikan, faktor ekonomi keluarga, dan akses informasi mengenai perguruan tinggi yang sangat minim, sehingga kebanyakan dari mereka memilih untuk tidak melanjutkan pendidikannya.

“Semangat itulah yang menjadi dasar kami untuk membentuk wadah bagi (PTIKIS), Musyawara Nasional (Munas) pertama akan digelar pada 08 s.d 10 Desember 2022 di Asrama Haji Pondok Gede untuk pengesahan  Asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (APTIKIS)” jelas Ketua Umum. 06/12/2022.

Kegiatan yang akan digelar selama 3 hari akan menghadirkan sejumlah pembicara, diantaranya Prof. Dr. (HC.) KH. Ma'ruf Amin Wakil Presiden Republik Indonesia yang akan membuka Munas, sambutan Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Kholil Qoumas, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, MA. Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA. Rektor PTIQ/Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya / Koor.Kopertais Wil. IV Surabaya, dan Prof. Dr. Amany Burhanuddin Lubis, MA Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Kordinator Kopertais Wilayah I DKI Jakarta.

Menurut Ketua Panitia Mas’ud Halimin bahwa tujuan Munas pertama ini adalah Mengesahkan APTIKIS Indonesia sebagai Asosiasi Resmi PTKIS di Indonesia; Mengesahkan Pengurus Pusat APTIKIS Indonesia untuk Masa Khidmat 2022 – 2026; Mengesahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga APTIKIS Indonesia; Mengesahkan Program Kerja Strategis APTIKIS menuju Perguruan Tinggi berkelas Dunia; Membangun Komitmen Kerjasama dan Komunikasi Strategis antar APTKIS dan Perguruaan Tinggi lainnya dalam mencapai kemajuan dan kemandirian APTKIS; Memperjuangkan kesetaraan APTIKIS dengan PTN melalui penerapan kebijakan Pemerintah dalam sektor Pendidikan; Memperjuangkan Subsidi Pendidikan Berkelanjutan bagi APTIKIS; Melahirkan Rekomendasi Strategis kepada Pemerintah.

“Hingga saat ini peserta yang telah konfirmasi hadir lebih seratus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta dari seluruh Indonesia. Kehadiran PTIKIS dari Sabang sampai Merauke adalah upaya penguatan eksistensi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta dari seluruh Indonesia yang akan diwadahi melalui APTIKIS” tutup Muslim Halimin.

Editor: El Putra
Tags Aptikis IndonesiaBagikan

Related Stories