Galangan Kapal Terbaru di Sulsel Prioritas Serap SDM Lokal

Ekonomi Bisnis 21 Feb 2020, By Patrialis Muhammad
Galangan Kapal Terbaru di Sulsel Prioritas Serap SDM Lokal (Seremoni Peresmian Galangan Kapal Barru / IST)

Galangan kapal di Desa Batupute, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, bakal menyerap ratusan tenaga kerja.

Bupati Barru, Suardi Saleh mengatakan, galangan kapal ini beroperasi bisa mempekerjakan 600-an orang dengan kapasitas penuh.

"Salah satu alasan kami (pemerintah) menerima investor masuk di Kabupaten Barru, karena bakal menyerap tenaga kerja lokal. Kami berharap bisa mengungari pengangguran. Makanya investor kami berikan layanan kemudahan dalam perizinan," ungkap Suardi Saleh dalam keterangan yang dikutip, Jumat (21/2/2020).



"Selain itu, kami juga mendukung program Bapak Gubernur, yakni menjadikan Sulawesi Selatan umumnya, dan Barru khususnya sebagai daerah ramah dan aman untuk berinvestasi," tutur mantan Kadis PU Pinrang itu.

Groundbreaking proyek galangan kapal diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika, Bupati Barru Suardi Saleh, pada hari jadi ke-60 Barru. Proyek galangan kapal ini disambut baik semua pihak yang hadir.

Nilai investasi proyek galangan kapal milik swasta tersebut mencapai Rp156 miliar. Proyek PT Layar Perkasa Nusantara itu dibangun diatas lahan 3,4 hektare dengan jangka waktu pembangunan 1,5 tahun.

"Model perusahaan ini co-holding. Artinya banyak perusahaan yang berafiliasi. Sementara PT Layar Perkasa Nusantara akan menjadi inti di dalamnya," ujar Pj Sekda Barru, Abustan.



Mantan Kadis Pendidikan Barru ini berharap, hadirnya galangan kapal di Kabupaten Barru bisa mendorong kemajuan seluruh sektor, khususnya sektor ekonomi di Kabupaten Barru. Apalagi jika galangan kapal ini berhasil, maka akan mendorong investor-investor lain untuk datang di Kabupaten Barru.

"Mari kita ciptakan rasa aman berinvestasi di Barru. Jika itu bisa terlaksana dengan baik maka insyaallah Barru bisa menjadi tujuan investasi," ucapnya.

"Persoalan tenaga kerja, kami pemerintah daerah sudah membuat perjanjian dengan investor bahwa kami sepakat memberdayakan tenaga kerja lokal," sambungnya.

undefined

Patrialis Muhammad