Fakta Menarik Piala Dunia 2022 Qatar, dari Lantunan Ayat Suci Sampai Bola Buatan Indonesia

Piala Dunia 2022 Qatar. (INT)

PIALA Dunia selalu menjadi magnet termasuk bagi orang-orang yang tidak dalam kategori pecinta sepak bola. 

Event empat tahunan ini juga selalu menimbulkan berbagai cerita menarik, kejadian dari dalam dan luar lapangan kerap menjadi perbincangan.

Pun tak terkecuali sejumlah fakta-fakta menarik yang dirangkum di balik pelaksanaan Piala Dunia 2022 Qatar, tentang negara tuan rumah hingga kemegahan dari kompetisi olahraga dengan total hadiah Rp6,8 triliun ini. 

1.     Piala Dunia Termahal.

Piala Dunia 2022 di Qatar diklaim sebagai turnamen sepak bola termahal sepanjang masa, yang diperkirakan menghabiskan dana sebanyak USD220 Milyar atau sekitar Rp. 3.456.255 trilliun untuk berbagai keperluan infrastruktur piala dunia seperti pembangunan stadion dan hotel-hotel. Bisa dikatakan bahwa dana piala dunia di Qatar sama dengan lima belas kali lebih besar daripada piala dunia Rusia ditahun 2018 yang lalu.

2.     Stadion dengan pendingin pertama.

Teknologi pendingin udara yang disediakan Qatar untuk mengantisipasi iklim panas untuk para supporter dan para pemain sepak bola yang sedang bertanding. Stadion ini juga menjadi stadion pertama yang memiliki mesin pendingin.

3.     bola made in Madiun, Indonesia.

Bola yang digunakan pada piala dunia Qatar memiliki nama Al-Rihla, dibuat di perusahaan asal Ja-Tim yaitu PT Global Way Indonesia yang merupakan produsen peralatan asli buat merek Adidas.

4.     Negara Islam pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Qatar adalah negara Islam pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia, oleh karena itu ada beberapa peraturan yang harus diikuti oleh FIFA seperti tidak diperbolehkan membawa alkohol ke dalam stadion, memakai pakaian yang tertutup dan tidak menggunakan atribut pelangi. 

5.     Piala Dunia tersingkat ke-2.

Total waktu kompetisi yang hanya 28 hari menjadikan Qatar sebagai piala tersingkat ke-2 setelah piala dunia di Argentina pada tahun 1978 yang hanya berjalan selama 25 hari. Qatar juga  menjadi negara Asia ke-2 sebagai tuan rumah setelah kurang lebih 20 tahun lalu setelah Jepang dan Korea.

6.     Piala Dunia Pertama saat musim dingin.

Menjadi piala dunia pertama yang diadakan pada musim dingin, hal ini disebabkan karena Qatar terletak di Timur tengah dan suhu pada musim panas bisa mencapai 50 derajat Celcius saat pertengahan tahun.

7.     Rekor pengunjung sepanjang sejarah piala dunia

Menurut Federation Internationale de Football Association (FIFA) terdapat 2,45 juta penonton yang menyaksikan 48 laga pada delapan stadion di Qatar. Total penonton di Qatar mengalahkan jumlah penonton pada Piala Dunia 2018 di Rusia yaitu 2,17 juta penonton.

8.     Lantunan Ayat Suci Al-Qur’an pada pembukaan Piala Dunia.

Untuk pertamanya kalinya ayat suci Al-Qur’an dilantunkan pada pembukaan Piala Dunia oleh Ghanim Al-Muftah seorang pemuda yang memiliki penyakit langka (CDS) atau penyakit yang menyebabkan manusia lahir tanpa bagian bawah tubuh, ia melantunkan Surat Al-Hujurat ayat 13 yang menjelaskan Tuhan menciptakan manusia dalam perbedaan kondisi, latar belakang dan suku.

9.  Jungkook tampil pada piala Dunia 2022

salah satu penyanyi asal Korea yang sangat terkenal dipenjuru dunia turut tampil pada pembukaan piala dunia 2022, ia adalah Jungkook BTS dan berduet dengan Fahad Al-Kubaisi penyanyi asal Qatar, membawakan lagu yang berjudul Dreamers. (penulis: Fanita Yusuf)

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories