Dukung UMKM Berbasid HAKI, Pertamina Regional Sulsel Salurkan Pembiayaan Senilai Rp1,95 Miliar

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi mendukung UMKM go global untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut dibuktikan dengan menyalurkan pembiayaan Rp1,95 miliar kepada 21 UMKM, sekaligus penandatanganan memorandum of understanding (MoU) perihal Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dengan Kemenkumham Sulsel di Four Points by Sheraton Makassar, Selasa (6/12/2022). 

“Tanpa ekosistem HAKI, maka sulit untuk menjadi HAKI sebagai poros baru (perekonomian). Sektor ekonomi kreatif sendiri didominasi mikro, kecil dan menengah. Adapun ekonomi berbasis HAKI memiliki prospek cerah,” ujar dia. 

Pemeriksa Bea dan Cukai KPBC Makassar, Efie Kurniawan Thaha, yang turut hadir sebagai pembicara dalam diskusi bersama UMKM, menyampaikan UMKM sangat potensial untuk melakukan ekspor. Toh, UMKM merupakan penopang ekonomi, dimana begitu banyak tenaga kerja di Indonesia yang berhasil terserap lewat usaha kecil tersebut. 

“Tapi rasionya masih sangat kecil (yang melakukan ekspor) bila dibandingkan dengan rasion UMKM di negara lain, seperti China. Bahkan, masih kalah dari negara-negara tetangga seperti Malaysia,” tuturnya 

Sekadar diketahui, selain menyalurkan pembiayaan Rp21 miliar kepada 21 UMKM dan MoU fasilitasi HAKI dengan Kemenkumham Sulsel, Pertamina juga menyalurkan sejumlah bantuan kepada mitra binaan. Di antaranya yakni bantuan mesin pemotong rumput dan mesin chest freezer. Di samping itu, diselenggarakan diskusi sebagai ajang motivasi dan sharing bagi pelaku UMKM untuk dapat go global. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories