Dispora Makassar Gelar Semiloka Pemuda Inklusif, Pemenuhan Hak Dasar

(null)

MAKASSARINSIGHT.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar menggelar Semiloka Pemuda Inklusif Kota Makassar, Senin, 25 September 3023.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Bryan Ramadhan Brahman mewakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Andi Pattiware.

Kegiatan yang digelar di Premier Hotel Karebosi Makassar ini turut turut dihadiri oleh Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar, Ketua KNPI Kota Makassar, pemuda inklusif dan juga USAID Madani yang sekaligus menjadi narasumber.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemuda, Bryan Ramadhan Brahman mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pemuda-pemuda di Kota Makassar.

“Terutama dalam hal pemenuhan hak-hak dasar bagi seluruh golongan pemuda terutama teman-teman disabilitas,” ujar Bryan.

Dia menjelaskan, di workshop tersebut para pemuda diberikan pemahaman tentang tatakrama bertutur kata kepada kaum disabilitas. Contohnya, tak menggunakan kata “cacat” yang bisa membuat ketersinggungan.

Sebaliknya, diganti dengan kata disabilitas agar lebih terdengar sopan dan layak.

Pada workshop itu pula, para peserta membahas dan mendengarkan serta mencari jalan keluar bagaimana hak-hak dasar disabilitas bisa terfasilitasi.

“Serta bagaimana cara berinteraksi yang baik dan benar tanpa menyinggung kepada teman-teman disabilitas, utamanya tentang pemenuhan hak dan etika dalam berinteraksi,” pungkasnya. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories