Disdik Makassar : PTM Baru Simulasi Belum Wajib Untuk Siswa

Ilustrasi Belajar Tatap Muka

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar merespons penolakan sejumlah orang tua mengikutkan anaknya dalam pembelajaran tatap muka (PTM). Penolakan itu sepenuhnya menjadi hak orang tua.

Plt Kadisdik Kota Makassar, Nielma Palamba mengatakan, PTM yang dilaksanakan saat ini baru berupa simulasi. Sehingga, jika ada orang tua yang belum mengizinkan anaknya ke sekolah, tidak jadi masalah.

“Memang penekanannya itu izin dari orang tua. Kemarin banyak yang tidak mau ikut PTM sehingga kami beri kesempatan untuk ikut PJJ (pembelajaran jarak jauh), karena memang kita masih blended,” terangnya, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, simulai PTM yang dilaksanakan saat ini memang masih terbatas. Hal ini dilakukan tidak lain untuk melihat kebiasaan anak-anak sekolah dalam melakulan pembelajaran secara tatap muka.

“Ini masih dalam situasi pandemi. Jadi kita mau lihat prokesnya. Kalau sudah terbiasa baru kita tatap muka penuh. Lagian ini adalah kurikulum darurat,” kata Nielma.

PTM terbatas ini, lanjut Nielma, memang belum bisa memenuhi standar pendidikan seperti dalam kondisi normal. Meski begitu, hal ini diyakini bisa menjadi awal untuk kembali mengejar ketertinggalan anak sekolah selama pandemi.

“Kita kan sudah dua tahun belajar dari rumah atau daring. Pasti akan berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Sehingga kita berharap perlahan kembali normal melalui simulasi PTM terbatas,” pungkasnya.

Tags BelajarBagikan

Related Stories