Dengan TrenAsia ESG Excellence 2022, Pebisnis Diajak Ubah Pola Pikir ke Arah Keberlanjutan

Michael T Tjoajadi (Istimewa)

JAKARTA - Trenasia.com di bawah naungan PT Tren Media Berjejaring menyelenggarakan penghargaan Trenasia ESG Excellence 2022. Di mana, pada usia 3 tahun ingin berkontribusi terhadap Lingkungan, Sosial dan tata kelola (ESG) serta iklim bisnis lainnya di Indonesia.

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring, Sukirno mengatakan, sebagai media online yang fokus pada berita ekonomi, bisnis dan investasi, geliat investasi ESG, Trenasia mendukung langkah pemerintah setelah meratifikasi paris agreement yang merupakan perjanjian global monumental dalam menghadapi perubahan iklim yang harus disambut baik oleh masyarakat di Indonesia.

Bila di tarik mundur hampir satu dekade belakang, seluruh kebijakan investasi selalu diwarnai dengan aspek keberlanjutan. Berjalannya waktu, dunia usaha terus berkembang dan terus melakukan penyempurnaannya.

Bahkan, lembaga jasa keuangan, emiten dan perusahan publik wajib menerapkan keuangan berkelanjutan dalam kegiatan usahanya serta menyusun rencana aksi keuangan berkelanjutan.

"Maka, pebisnis harus mengubah mindset, berubah dari pemikiran tradisional ke arah pemikiran yang lebih kompleks," ujar Sukirno di Hotel The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2022.

Artinya, lanjut Sukirno, Perusahaan harus ikut menjaga lingkungan, melakukan kegiatan dan menjalankan fungsi sosial, serta memiliki tata kelola perusahaan yang bagus.

Dirinya mengatakan, berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Harapannya, setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan. 

“Tujuan dari program ini adalah memberikan dukungan berupa penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan ESG agar program-program tersebut bisa berjalan untuk mewujudkan misi nasional mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan,” kata Sukirno.

Maka dari itu, Program TA ESG Excellence 2022 merupakan program penghargaan kepada perusahaan yang menjalankan tata kelola ESG agar terus menjalankan program tersebut sesuai dengan parameter yang ada, misalnya Taksonomi Hijau dari OJK dan GRI Index. 

"Penerapan ESG tidaklah mudah. Namun juga tidak mungkin untuk dilaksanakan. Bahkan untuk beberapa parameter, perusahaan sudah melaksanakan," ujarnya.

Seperti diketahui, TrenAsia ESG Excellence 2022 telah menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2022, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021.

Tim dewan juri TrenAsia ESG Excellence 2022 terdiri dari Michael T. Tjoajadi, CEO Schroders Indonesia sebagai ketua, M. Arsjad Rasjid, Chairman Kadin Indonesia, Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG), Edi Setijawan, Director Department of Research Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

Editor: Redaksi

Related Stories