Danny Bongkar Pasang Lagi Pejabat Pemkot Makassar, Katanya Hasil Evaluasi

Pegawai Pemkot Makassar

MAKASSARINSIGHT.com - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengagendakan pelantikan ratusan pejabat eselon III dan IV lingkup Pemkot Makassar hasil mutasi jabatan. Mereka akan dilantik di posisi yang baru besok subuh. 

"Belum tahu (jumlah tepatnya pejabat hasil mutasi yang dilantik). Sementara, pokoknya di atas 100-lah. Eselon IV ada (selain eselon III)," ucap Danny, Rabu (1/6/2022). 

Pelantikan pejabat eselon III dan IV lingkup Pemkot Makassar akan digelar Kamis (2/5) besok. Lokasinya di Anjungan Pantai Losari Makassar. 

"(Pelantikan pejabat dilaksanakan) besok subuh di Pantai Losari," terang Danny. 

Menurutnya kebijakan mutasi ini setelah melakukan evaluasi kinerja pejabat. Salah satu pertimbangannya karena dianggap tidak cepat merespons aduan masyarakat. 

"Jabatan yang paling rendah responnya terhadap masyarakat, dan rendah programnya, begitu kriterianya," tegas dia. 

Danny menekankan tidak segan-segan bertindak tegas terhadap pegawai yang menghambat kinerja pemerintahan. Selain itu termasuk pegawai yang sebelumnya dilaporkan atas dugaan pungutan liar (pungli). 

"Termasuk itu (pejabat atas dugaan pungli), pasti," pungkas Danny. 

Untuk diketahui seorang ASN yang merupakan mantan pejabat di Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Makassar, Taufiq Nadsir dilaporkan atas dugaan pungli anggaran publikasi. Kasus sementara berproses di Kejaksaan Negeri Makassar. 

Sebelumnya Taufiq Nadsir diberhentikan dari jabatannya sebagai Kasubag Humas DPRD Makassar usai terbukti melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Pemberhentiannya diproses dalam sidang majelis kode etik. 

"Majelis kode etik memutuskan untuk menjatuhkan sanksi administratif berupa pelanggaran disiplin berat, yaitu pemberhentian dari jabatan," ungkap Sekretaris BKPSDM Kota Makassar, I Dewa Gede Widya Darma, Jumat (27/5/2022). 

Setelah diberhentikan dari jabatannya, posisi Taufik Nadsir sebagai Kasubag DPRD Kota Makassar pun langsung diproses. Posisinya diisi dari pejabat di instansi yang sama berstatus pelaksana tugas (plt).

Tags Pemkot MakassarBagikan
Rizal Nafkar

Related Stories