Coba Cara Ini untuk Tingkatkan Performa Ponsel Android Anda

Anti Lemot! Ini 6 Cara Tingkatkan Performa Ponsel Android Anda (Pixabay)

MAKASSAINSIGHT.com - Ponsel Android sering dijadikan sebagai opsi untuk memperoleh smartphone yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Hal ini karena ada banyak jenis smartphone Android dengan berbagai spesifikasi sekaligus range harga yang beragam.

Namun, terlepas dari ponsel Android Anda baru atau lama, performa perangkat dapat menjadi lebih lambat seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa jadi karena ponsel Android mulai dipenuhi file-file sampah atau kinerjanya semakin tidak optimal.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan ponsel Android Anda dengan baik.

Baca Juga: 

Cara Mengoptimalkan Performa Ponsel Android

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa ponsel Android Anda.

1. Perbarui Ponsel ke Versi Android Terbaru

Sebelum melakukan cara-cara lain, Anda perlu memeriksa apakah sistem operasi di ponsel Anda sudah dalam kondisi versi paling terbaru. Pembaruan ini penting untuk dilakukan karena dapat mengatasi masalah keamanan atau apapun yang mungkin ada di versi sebelumnya serta membuat perangkat lunak di ponsel Anda memiliki kinerja yang lebih optimal.

2. Restart Perangkat 

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan kinerja ponsel Android adalah dengan melakukan restart atau mulai ulang. Restart ponsel akan menutup semua proses yang berjalan di background yang tidak perlukan. Hal ini akan membebaskan RAM ponsel sehingga kinerjanya jadi semakin cepat.

3. Kosongkan Storage

Perangkat seperti ponsel Android membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup agar aplikasi yang terpasang bisa berjalan dengan optimal. Akan tetapi, jika sisa storage ponsel kurang dari 10%, maka kinerja ponsel Android Anda akan jadi menurun. Hal ini karena ketika ruang penyimpanan jadi lebih sedikit, aplikasi gagal menyimpan file cache.

4. Instal Aplikasi Versi Lite

Beberapa aplikasi memiliki versi lite yang resmi, seperti Facebook Lite dan Messenger Lite. Versi Lite dari aplikasi tersebut tidak akan membutuhkan banyak sumber daya seperti versi yang biasa.

Jika Anda menggunakan aplikasi versi Lite, ponsel Anda tidak harus bekerja sekeras ketika menggunakan aplikasi biasanya. Jadi, ponsel Anda akan memiliki kinerja yang lebih cepat ketika menjalankan aplikasi tersebut.

5. Sesuaikan Kecepatan Animasi pada Sistem Ponsel Android

Anda bisa masuk ke pengaturan lanjutan atau advance untuk mengoptimalkan kinerja ponsel Android. Pengaturan yang paling berpengaruh untuk meningkatkan kinerja sistem ponsel adalah dengan mengatur ulang bagian kecepatan animasi sistem.

6. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Anda mungkin tidak akan menggunakan semua aplikasi yang terpasang di ponsel setiap hari. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui bahwa aplikasi yang jarang Anda gunakan tersebut dapat menghabiskan storage dan memperlambat kinerja perangkat Anda. Untuk mengatasinya, Anda perlu menghapus aplikasi yang tidak digunakan di ponsel Android Anda.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja atau performa ponsel Android Anda. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 01 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories