Catat!!! Merek Motor dan Mobil Listrik yang akan Dapat Subsidi Potongan Harga

Insentif Keluar, Ini 5 Merek Kendaraan Listrik yang Dapat (Panji Asmoro/TrenAsia)

MAKASSARINSIGHT.com - Pemerintah resmi memberikan insentif untuk pembelian mobil dan motor listrik mulai 20 Maret 2022. 

Ada lima merek yang nantinya mendapat gelontoran insentif ini dari pemerintah.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, mobil listrik yang mendapatkan insentif adalah Hyundai dan Wuling. Lalu untuk motor listrik ada merek Gesits, Volta, dan Selis.  Adapun motor listrik baru dan konversi masing-masing diberikan subsidi sebesar Rp7 juta per unit

"Jadi produsen akan mendaftarkan jenis kendaraan yang telah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40% yang dipersyaratkan dalam sistem," katanya dalam konpers insentif kendaraan bermotor listrik berbasi baterai (KBLB) di Kemenko Marves pada Senin, 6 Maret 2023.

BACA JUGA

Menurutnya, jika dibedah lebih lajut untuk roda 4 baru dua yang nilai TKDN di atas 40% yaitu Ioniq 5 dan Wuling. Sementara untuk roda 2 ada tiga yaitu Gesits, Volta, dan Selis.

Adapun pemerintah memberikan untuk insentif kepada 200.000 pembelian motor listrik baru 2023. Selain itu, pemerintah juga memberikan insentif konversi motor berbahan bakar fosil ke motor listrik senilai Rp7 juta per unit untuk 50.000 unit.

Sedangkan untuk mobil baru ada sebanyak 35.900 unit yang akan diberikan insentif. Hingga saat ini, pemerintah masih merampungkan besaran insentif yang dapat diberikan untuk mobil listrik. Sementara mobil listrik bakal dikenakan skema pajak, yakni diskon Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 1% dari saat ini 11%.

Lalu untuk kendaraan besar seperti bus, Agus mengusulkan sebanyak 138 unit sampai Desember 2023. Bantuan yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan keterjangkauan harga dan daya beli masyarakat terhadap kendaraan listrik yang lebih luas, serta memacu perkembangan industri otomotif energi baru.

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 06 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories