Berapa Bayaran Coldplay untuk Konser di Jakarta? Baca Ulasannya

Konser Coldplay bertajuk A Head Full of Dreams beberapa tahun lalu. (Wikimedia Commons)

MAKASSARINSIGHT.com — Coldplay adalah salah satu band yang paling sukses pada dekade ini. Tak hanya berkat karyanya yang banyak disukai lintas generasi, Coldplay merupakan band dengan penghasilan luar biasa. Forbes pernah menetapkan band asal London, Inggris, itu sebagai band terkaya di dunia pada 2017. 

Chris Martin dkk. diperkirakan meraih pendapatan sekitar US$557 juta atau setara Rp8 triliun usai menggelar tur bersejarah bertajuk ‘Head Full of Dreams’ pada tahun 2016-2017. Penghasilan itu masuk akal jika melihat harga tiket yang harus dikeluarkan penonton untuk menyimak aksi pelantun Yellow tersebut.

Di Indonesia, tiket termahal Coldplay dipatok Rp11 juta dan menjadi salah satu harga tiket termahal sepanjang sejarah konser Tanah Air. Indonesia sendiri bakal menggelar konser Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 15 November 2023. Konser tersebut sangat fenomenal mengingat ini kali pertama Coldplay menjejakkan kaki di Indonesia.

Baca Juga: 

PK Entertaintment dan TEM Presents selaku promotor diyakini mengeluarkan duit selangit untuk menghadirkan band bergenre alternatif ini. Hingga kini promotor belum mengungkap besaran biaya yang diperlukan untuk mendatangkan Guy Berryman dkk. Namun menurut penelusuran TrenAsia, promotor diperkirakan harus merogoh kocek US$2,5 juta hingga US$2,7 juta (Rp37,3 miliar-Rp40,3 miliar) untuk memboyong Coldplay. 

Hal itu merujuk bayaran band dalam konser setahun sebelumnya. Dalam ajang Rock in Rio 2022, Coldplay diketahui mendapatkan US$2,2 juta atau setara Rp32,72 miliar. Angka itu diperkirakan naik 10 persen pada tahun ini. Namun ada pula yang membeberkan bayaran Coldplay berkisar US$2,5 juta hingga US$6 juta (Rp37,3 miliar-Rp89,7 miliar). Angka ini merujuk penelusuran di salah satu agen, Celebrity Talent International.

Chris Martin Terkaya

Perbedaan besaran bayaran tergantung dari sejumlah faktor seperti lokasi konser, perjalanan yang harus ditempuh serta jumlah kru band. Dilansir dari educameudinheiro.com, Kamis 25 Mei 2023, pemasukan dari konser kemudian dibagi untuk keempat personel dan biaya pendukung lain.

Sebagai frontman dan vokalis, Chris Martin dikabarkan menerima honor paling tinggi yakni sebesar 40 persen, sedangkan tiga personel lain yakni Will Champion, Guy Berryman dan Jonny Buckland mendapatkan masing-masing 20 persen. Tak heran jika Chris Martin disebut memiliki harta kekayaan tertinggi dibanding personil lain. 

Total kekayaan sang vokalis diperkirakan mencapai US$160 juta, atau setara Rp2,37 triliun. Sementara Will Champion, Guy Berrryman, dan Jon Buckland masing-masing memiliki kekayaan senilai US$100 juta (Rp1,49 triliun).

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 25 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories