Bentuk Tim Export Assistance, Bea Cukai Makassar Majukan Ekspor Sulsel

Bea Cukai

Dalam rangka memajukan ekspor Sulawesi Selatan, Bea Cukai Makassar terus mempertahankan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para stakeholders. Upaya tersebut diwujudkan dengan dibentuknya tim export assistance sebagai sarana untuk memberikan edukasi dan asistensi kepada masyarakat umum dan pelaku usaha terkait pelaksanaan ekspor.

"Konsolidasi merupakan kegiatan mengumpulkan barang ekspor dalam dua atau lebih dokumen pemberitahuan ekspor barang (PEB) dengan menggunakan satu peti kemas sebelum barang ekspor tersebut dimasukkan ke kawasan pabean untuk dimuat ke atas sarana pengangkut," ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Eva Arifah dalam keterangan tertulis, Rabu (3/6/2020).

Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai II, Adeltus Lolok, menjelaskan terkait pihak-pihak yang melakukan kosolidasi dan persyaratan menjadi konsolidator.

"Pelabuhan Makassar telah memiliki direct call, dapat menghemat biaya, konsolidator dibutuhkan agar nantinya para penggiat ekspor tidak perlu lagi mengirim komoditas ke Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak untuk dikonsolidasi," ujar Adel.

"Kami berharap ke depannya Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar memiliki konsolidator sehingga dapat menampung dan menfasilitasi barang eskpor dengan volume kecil. Konsolidator diharapkan pula menjadi katalisator pertumbuhan ekspor di Indonesia timur dengan munculnya eksportir-eksportir baru atau pun menjadi pemicu munculnya industri-industri baru berbasis ekspor di Sulawesi Selatan," pungkas Eva Arifah.

Bagikan

Related Stories