Belasan OPD Bersaing pada Penilaian Dokumen Perencanaan Terbaik 2024

Pj Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Belasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Makassar menjadi kandidat pada penilaian OPD dengan dokumen perencanaan terbaik tahun 2024.

Penjabat (Pj) Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengatakan, para kandidat yang masuk pada penilaian dokumen perencanaan terbaik berkat kepala sub bagian (kasubag) perencanaan dari masing-masing OPD tersebut.

"Ada teman-teman (OPD) yang memiliki inovasi bagus, memiliki dokumen perencanaan yang bagus. Itu jadi penilaian semua," terang Firman, Selasa (5/3/2024).

Meski begitu, Firman mengatakan setiap kasubag di tiap OPD memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Maka dari itu, nantinya kasubag perencana di setiap OPD adalah mereka yang memiliki sertifikasi ataupun telah mendapat rekomendasi dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar.

"Ini yang nantinya pak wali mengasistensi, yang bakal jadi Kasubag Perencanaan sudah ada mungkin sertifikasi atau rekomendasi Kepala Bappeda," ucap Firman.

Sehingga, Firman berharap kedepannya seluruh Kasubag perencanaan dapat mengetahui tugas pokok dan fungsinya sehingga dapat menghasilkan inovasi-inovasi andalan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga teman-teman yang masuk tiga besar nanti jadi SKPD yang betul betul mempunyai perencaaanan yang matang. Sehingga menghasilkan program yang baik untuk Makassar," tutup Firman.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Makassar, Zulkfili Nanda menambahkan kegiatan ini diikuti oleh seluruh OPD dan Kecamatan yang telah diseleksi oleh Tim Internal Bappeda Makassar.

Adapun hasil akhirnya sendiri, akan ada tiga OPD terbaik yang terpilih dan akan mendapatkan apresiasi langsung dari Pemkot Makassar.

“Rencananya, akan diumumkan pada saat kegiatan Musrenbang Kota Rabu 6 Maret 2024, besok,” pungkas Zulkifli.  (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories