Baca Ini! Tips Berinvestasi Meski Penghasilan Terbatas

ilustrasi naik turunnya nilai aset investasi (freepik.com) (Freepik.com)

JAKARTA - Berinvestasi menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menambah pundi-pundi kekayaan. Kegiatan menyimpan dana pada sebuah instrumen keuangan yang dapat mendatangkan nilai tambah ini pun nyatanya bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk mereka yang berpenghasilan kecil.

Bagi beberapa orang, memiliki penghasilan yang terbatas menjadi alasan yang dapat menghambat penerapan berbagai rencana keuangan. Simak yuk 5 tips berikut yuk supaya kamu tetap bisa berinvestasi meski memiliki penghasilan yang minim dan pas-pasan.

1 Hargai Uang Receh

Pada dasarnya, menghargai uang penting dilakukan oleh setiap orang tidak hanya terbatas bagi mereka yang berpenghasilan terbatas. Namun, ketika penghasilan kamu terbatas,  maka ada baiknya kamu mesti senantiasa menghargai dan memaksimalkan setiap uang receh yang dimiliki.

Ketika kamu mampu menghargai dan mengelola uang-uang receh tersebut dengan baik, maka kamu pun akan semakin mahir dalam mengelola uang bahkan jumlah besar sekalipun nantinya.

2 Pahami Berbagai Instrumen Investasi

Kalau kamu sudah memaksimalkan setiap uang receh yang dimiliki untuk mendukung rencana berinvestasi di kemudian hari, maka ada baiknya kamu mesti paham terlebih dahulu berbagai instrumen investasi yang ada saat ini.

Terdapat berbagai instrumen investasi yang dapat kamu pilih sesuai dengan target dan rencana investasi, mulai dari imbal hasil rendah namun minim risiko seperti menabung emas atau membeli obligasi, hingga imbal hasil besar namun dengan risiko tinggi seperti saham, kripto ataupun foreign exchange (forex).

3. Disiplin

Setelah memilih instrumen investasi yang ingin kamu gunakan, tips terakhir bagi kamu yang berinvestasi dengan modal atau buying power yang terbatas adalah disiplin. Karena modal berinvestasi kamu terbatas, maka memiliki periode berinvestasi dalam jangka panjang adalah salah satu pilihan baik yang harus disertai dengan sikap sabar dan disiplin.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Farhan Syah pada 30 Oct 2022 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories