Baca Hal Ini untuk Tahu Sehat Tidaknya Kondisi Keuangan Anda

Jcom (freepik.com)

MAKASSARINSIGHT.com – Keuangan yang sehat memudahkan Anda mencapai tujuan keuangan dalam hidup Anda. Mimpi-mimpi yang telah Anda rancang rasanya sudah di depan mata. Keuangan yang sehat juga memberikan rasa tenang karena Anda tidak perlu was-was bagaimana nasib Anda di hari esok.

Prita Hapsari Ghozie seorang konsultan keuangan dalam bukunya yang berjudul Make It Happen memaparkan 8 indikator yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui sudah sehatkah kondisi keuangan Anda saat ini

Punya Dana Darurat

Setiap orang wajib memiliki dana darurat setidaknya 3 kali pengeluaran rutin bulanan. Katakanlah pengeluaran rutin Anda 5 juta rupiah perbulan maka jumlah dana darurat minimal adalah 15 juta rupiah. Namun sangat disarankan untuk Anda menargetkan dana darurat minimal 12 kali pengeluaran rutin bulanan.

Mampu Mengelola Utang

Mulailah menjumlahkan semua pembayaran minimum tagihan utang Anda. Tagihan ini dapat terdiri dari kartu kredit, kredit kendaraan, kredit perumahan dan kredit dana tunai. Jumlah total pembayaran segala cicilan utang ini tidak boleh melebihi 35% dari penghasilan rutin bulanan Anda.

Mempunyai Tempat Tinggal

Kebutuhan primer seorang manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Jadi memiliki tempat tinggal memang masuk ke dalam indikator apakah keuangan Anda sehat atau sebaliknya.

Mempunyai Dana Pendidikan

Rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 15% per tahun. Sehingga pastikan Anda memiliki dana pendidikan untuk anak-anak Anda di masa depan.

Memiliki Tabungan Hari Tua

Merencanakan hari tua sangat vital untuk Anda yang tidak rela mempunyai gaya hidup yang menurun di masa depan. Anda yang karyawan pasti akan pensiun dan Anda yang pemilik bisnis pasti akan mewariskan bisnis ke Anak Anda. Jadi pastikan Anda memiliki  tabungan agar tidak merepotkan orang lain di hari tua.

Mampu Mengendalikan Gaya Hidup

Gunakan rumus Penghasilan = Pengeluaran + Tabungan. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar daripada penghasilan Anda hingga Anda harus berhutang hanya untuk memenuhi gaya hidup

Mempunyai Asuransi

Pastikan Anda mempunyai asuransi yang benar-benar dibutuhkan keluarga Anda untuk melindungi nilai aset dan nilai ekonomis jiwa Anda. Jangan sampai jika ada musibah sakit keras Anda harus menghabiskan tabungan hingga menjual semua aset hanya untuk membayar biaya rumah sakit.

Ketahui Portofolio Keuangan Keluarga Anda

Ketahui dan sadari kondisi portofolio keluarga Anda, apakah aset Anda hanya ada di rumah tinggal atau sudah tersebar sebagian dalam bentuk aset finansial. Atau nyaris 100% uang Anda ada di tabungan dan deposito ?

Nah itu tadi adalah 8 indikator yang dapat Anda jadikan untuk mengecek seberapa sehatkah kondisi keuangan Anda. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 06 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories