Areal Khusus untuk Korban Jiwa dari Covid-19 di Sulsel

Korban

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Selatan berencana menyiapkan tempat pemakaman khusus untuk bagi pasien terjangkit virus Corona atau COVID-19 yang meninggal dunia. 

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulsel Mayjen TNI Andi Sumangerukka menyebutkan, pihaknya telah meminta kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan pemakaman tersebut.

"Kita nanti akan mengarah ke sana (pemakaman khusus). Sekarang kita tinggal meminta kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan daerah khusus yang akan menjadi tempat pemakaman," kata Andi Sumangerukka yang juga Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Senin (30/3/2020).

Sumangerukka  mengatakan, pihaknya akan menyiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk pemakaman pasien COVID-19 yang meninggal. Proses-proses itu nantinya akan dibantu oleh Satuan Nuklir, Biologi, dan Kimia (Nubika) di TNI.

Saat ini, kata dia, memang masih banyak keluarga pasien yang menentukan sendiri tempat pemakaman untuk jenazah pasien positif COVID-19. Akan tetapi, penolakan dari masyarakat sekitar pemakaman juga tak bisa dihindarkan.

"Ke depan, sudah ada kebijakan dari Pak Gubernur. Nanti akan disiapkan daerah Sudiang untuk pemakaman yang terindikasi sebagai COVID-19. Di situ nanti akan kita mobilisasi untuk memperketat daerah itu agar siap menerima jenazah atau pemakaman yang akan dilakukan," kata Sumangerukka.

Bagikan

Related Stories