Anda Mendengkur Saat Tidur? Segera Atasi Sebelum Berakibat Fatal

(null)

JANGAN sepelekan kalau Anda kerap mendengkur saat tidur. Harus diatasi segera, karena akibatnya bisa fat. 

"Mendengkur adalah ganggung pernapasan saat tidur," kata Dokter Spesialis THT, Yunian Gentilis Kusumasmara. 

Gangguan pernapasan saat tidur terbagi menjadi beberapa macam di antaranya, primary snoring, upper airway resistensce syndrome, obatructive sleep apnea syndrome, obesity hypoventilation syndrome. 

“Macam-macamnya mulai dari yang rendah sampai tingkatannya paling parah, bisa mengancam nyawa,” ucap dr. Yunian dikutip dari channel YouTube Gue Sehat, Selasa, (2/8/2022). 

Menurutnya, apabila mendengkur tidak diobati sedini mungkin, maka tingkat keparahannya bisa meningkat. 

“Apakah berbahaya, tentunya berbahaya. Karena apabila mendengkur pada spektrum ini tidak diobati dan tidak ditatalaksana sedari dini, bisa naik menjadi spektrum lain,” ujarnya. 

Ketika mencapai spektrum yang paling parah, seperti obatructive sleep apnea syndrome atau hypoventilation syndrome, bisa menyebabkan komplikasi ke organ-organ lain. 

Artinya, pada sleep disordered breathing yang paling parah itu bisa dipastikan bahwa tubuh pada saat tidur kekurangan oksigen. 

“Sehingga badan yang seharusnya ketika tidur refreshing, recharge, itu jadinya strest karena oksigen yang masuk kurang,” jelasnya. 

Ketika tak diobati juga dapat menjadi penyebab dari penyakit lain seperti hypertensi, jantung dan dapat menyebabkan stroke.

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories