Aktivis Antikorupsi Zulfiadi Muis Nyatakan Dukungan pada Haris Azhar dan Fatia

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - Dukungan pada Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyati yang ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi terus mengalir. Dukungan itu salah satunya disuarakan oleh aktivis antikorupsi Zulfiadi Muis.

"Apa yang disampaikan oleh Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti adalah penjabaran pada hasil riset. Kalaupun ada kritik, bagian dari pemerintah harus bisa menerima bukan malah melakukan kriminalisasi," kata Zulfiadi Muis, Sabtu (26/3/2022).

Menurut Zulfiadi, penjabaran tentang dugaan keterlibatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam rencana tambang emas di Blok Wabu, Papua, oleh Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti merupakan hasil riset lembaga.

"Hasil riset bisa dibantah. Bukan justru dipidanakan. Klarifikasi kami rasa sudah cukup. Jangan ada yang antikritik," jelas Zulfiadi Muis yang selama ini dikenal lantang menyuarakan dugaan kasus-kasus korupsi.

Sebelumnya, Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti mengaku dikenakan pasal berlapis akibat mengungkap data riset keterlibatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam rencana tambang emas di Blok Wabu, Papua.

Fatia membeberkan semua pasal tersebut berada di Undang-Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Yakni Undang-undang ITE Pasal 27 ayat 3, Pasal 14 ayat 2, Pasal 15, lalu Pasal 310 dan 311 KUHP dan Pasal 55 terkait pencemaran nama baik dan penyebaran berita bohong.

Di berbagai media, Fatia menegaskan, hal yang diungkapkannya bersama Direktur Lokataru Haris Azhar di YouTube itu adalah data riset yang bisa dipertanggungjawabkan, bukan menyerang personal Luhut.

"Yang saya ucapkan dalam Youtube itu tidak ada sama sekali upaya untuk mencemarkan nama baik seseorang secara pribadi. Kalau pasal yang disangkakan adalah pasal berita bohong, berarti sebetulnya mencerminkan negara tidak bisa dikritik walaupun dengan upaya riset dan lain-lain," tegas Fatia seperti dikutip dari suara.com.

Editor: El Putra

Related Stories