Agresi Israel ke Palestina, Rumah Sakit Terbesar di Gaza Berhenti Beroperasi

Gadis Palestina Orheen Al-Dayah, yang Terluka di Dahinya dalam Serangan Israel di Tengah Konflik yang Berlangsung Antara Hamas dan Israel (Reuters/Doaa Rouqa)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Rumah sakit terbesar di Gaza, al-Shifa, telah berhenti beroperasi menyusul serangan Israel yang terus berlanjut di kawasan tersebut. Jumlah kematian pasien di Jalur Gaza juga terus meningkat. 

Hal itu disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Minggu, 12 November 2023. Staf medis mengungkapkan rumah sakit di bagian utara enklave Palestina, termasuk kompleks al-Shifa, diblokade pasukan Israel dan hampir tidak mampu merawat orang-orang di dalamnya. 

Tiga bayi yang baru lahir telah meninggal. Lebih banyak lagi pasien yang berisiko akibat pemadaman listrik menyusul pertempuran yang intens di sekitarnya. Israel diketahui terus melacak para militan Hamas yang melancarkan serangan mematikan di selatan Israel pada 7 Oktober. 

Baca Juga: 

Israel menyatakan kelompok tersebut memiliki pusat komando di bawah dan dekat rumah sakit. “WHO berhasil berbicara dengan para profesional kesehatan di al-Shifa, yang menggambarkan situasi mengerikan dan berbahaya dengan tembakan dan pengeboman terus-menerus yang memperburuk situasi yang sudah kritis,” kata Direktur WHO Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus, dilansir dari Reuters, Senin, 13 November 2023.

“Tragisnya, jumlah kematian pasien telah meningkat secara signifikan,” katanya dalam sebuah posting di X. Dia menambahkan al-Shifa tidak berfungsi sebagai rumah sakit lagi. Tedros bergabung dengan pejabat tinggi PBB lainnya dalam menyerukan gencatan senjata segera.

“Dunia tidak bisa diam sementara rumah sakit, yang seharusnya menjadi tempat berlindung yang aman, diubah menjadi tempat kematian, kehancuran, dan keputusasaan,” katanya.

Indonesia, negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, juga meminta gencatan senjata sebelum bertemu Presiden AS Joe Biden di Washington pada Senin. “Gencatan senjata harus segera dilaksanakan. Kita juga harus mempercepat dan meningkatkan jumlah bantuan kemanusiaan dan memulai negosiasi perdamaian,” kata Presiden Joko Widodo.

Dia mengatakan dunia tampak tidak berdaya dalam menghadapi penderitaan rakyat Palestina. KTT gabungan Islam-Arab (OKI) telah mendesak Mahkamah Pidana Internasional untuk menyelidiki kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan Israel di wilayah Palestina.

Israel sendiri sedang berusaha membebaskan lebih dari 200 sandera yang diambil militan Hamas pada 7 Oktober. Uni Eropa mengutuk Hamas karena menggunakan rumah sakit dan warga sipil sebagai perisai manusia di Gaza, sambil juga mendesak Israel untuk untuk melindungi warga sipil.

“Konflik ini sangat merugikan rumah sakit dan memberikan dampak mengerikan pada warga sipil dan staf medis,” kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, pada hari Minggu dalam pernyataan yang dikeluarkan atas nama blok 27 negara.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan Hamas menggunakan rumah sakit dan fasilitas sipil lainnya sebagai tempat untuk menyimpan pejuang dan senjata. Dia menilai hal tersebut merupakan pelanggaran terhadap hukum perang.

“Amerika Serikat tidak ingin melihat baku tembak di rumah sakit di mana orang-orang yang tidak bersalah, pasien yang menerima perawatan medis, terjebak dalam baku tembak dan kami telah melakukan konsultasi aktif dengan Pasukan Pertahanan Israel mengenai hal ini,” kata Sullivan.

Israel menyatakan perang terhadap Hamas lebih dari sebulan yang lalu setelah militan mengamuk di Israel selatan, menewaskan sekitar 1.200 orang, kebanyakan dari mereka warga sipil, menurut pejabat Israel.

Pejabat Palestina mengatakan pada Jumat, 11.078 penduduk Gaza telah tewas dalam serangan udara dan artileri sejak saat itu, sekitar 40% di antaranya adalah anak-anak. Tanggapan militer Israel juga memicu kemarahan di beberapa kota di seluruh dunia, di mana ratusan ribu orang menggelar protes menuntut gencatan senjata.

Pendukung Israel, termasuk di Washington, mengatakan gencatan senjata akan memungkinkan Hamas mempersiapkan lebih banyak serangan, tetapi pemerintahan Biden telah mendorong Israel untuk mengizinkan jeda dalam pertempuran agar warga sipil melarikan diri dan bantuan masuk.

“Biden, yang berbicara pada Minggu dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani tentang perkembangan di Gaza, setuju, semua sandera yang ditahan oleh Hamas harus dibebaskan tanpa penundaan lebih lanjut,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Konflik tersebut menimbulkan kekhawatiran akan kebakaran yang lebih luas. Hizbullah yang berbasis di Lebanon, yang seperti Hamas didukung oleh Iran, telah memperdagangkan serangan rudal dengan Israel, dan kelompok-kelompok lain yang didukung Iran di Irak dan Suriah telah melancarkan setidaknya 40 serangan drone dan roket terpisah terhadap pasukan AS.

“Amerika Serikat melakukan dua serangan udara di Suriah terhadap kelompok-kelompok yang bersekutu dengan Iran pada Minggu,” kata seorang pejabat pertahanan AS kepada Reuters, yang tampaknya merupakan tanggapan terbaru terhadap serangan tersebut.

Bayi Beresiko Kena Serangan

Militer Israel mengatakan telah menawarkan untuk mengevakuasi bayi yang baru lahir dan telah menempatkan 300 liter bahan bakar di pintu masuk al-Shifa pada Sabtu malam. Namun kedua gerakan tersebut telah diblokir oleh Hamas.

Hamas membantah menolak bahan bakar tersebut dan mengatakan rumah sakit tersebut berada di bawah kewenangan Kementerian Kesehatan Gaza. Mereka menambahkan jumlah bahan bakar yang ditawarkan Israel tidak cukup untuk mengoperasikan generator (rumah sakit) selama lebih dari setengah jam.

Ashraf Al-Qidra, juru bicara Kementerian Kesehatan, mengatakan dari 45 bayi di inkubator di al-Shifa, tiga sudah meninggal.

Seorang ahli bedah plastik di al-Shifa mengatakan pemboman terhadap bangunan tempat inkubator telah memaksa staf untuk membariskan bayi prematur di tempat tidur biasa, menggunakan sedikit daya yang tersedia untuk menjalankan AC agar hangat. "Kami kehilangan lebih banyak (bayi) dari hari ke hari," kata dokter Ahmed El Mokhallalati.

Baca Juga: 

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan rumah sakit terbesar kedua di jalur Gaza, Al-Quds, juga tidak berfungsi, dengan staf berjuang untuk merawat mereka yang sudah ada di sana dengan sedikit obat-obatan, makanan, dan air.

“Rumah sakit Al Quds telah terputus dari dunia dalam enam hingga tujuh hari terakhir. Tidak ada jalan masuk, tidak ada jalan keluar,” kata Tommaso Della Longa, juru bicara Federasi Internasional Masyarakat Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 13 Nov 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories