Ada Omicorn, Wali Kota Makassar Genjot Vaksinasi Berhadiah

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mulai mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19 yakni Omicron yang mulai terdeteksi di Indonesia. Langkah yang dilakukan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah, yakni perketat protokol kesehatan, cek ketersediaan obat dan rumah sakit, dan percepatan vaksinasi.

"Bapak Presiden menyampaikan Omicron sudah masuk di 88 negara dan jumlah kasusnya naik 3 kali lipat dalam 3 hari ini. Lebih cepat menular jangan lengah," ujar Wali Kota yang akrab disapa Danny Pomanto, Jumat (17/12/2021).

Merujuk instruksi tersebut, Danny langsung sigap dan berkomitmen untuk menerapkan instruksi itu. Ia mengaku saat ini fokus mempercepat vaksinasi agar tercipta herd immunity di masyarakat. "Makassar sendiri akan segera berbenah, termasuk mempercepat vaksinasi," ucapnya.

Pencegahan penyebaran Omicron, menurut Danny, dilakukan dengan mempertegas penegakan prokes dan melarang kerumunan. Momen keramaian saat Natal dan Tahun baru ditiadakan dan perayaan dapat dilaksanakan di rumah masing-masing.

Untuk mempercepat vaksinasi, Pemkot Makassar melibatkan ASN dan tenaga honorer. "Setiap honorer nanti wajib membawa sepuluh orang peserta vaksin, di antaranya empat orang lansia. Begitu pula dengan ASN yang wajib membawa 25 orang per orang peserta vaksin, setengahnya wajib lansia," tuturnya.

Tak hanya itu, Danny juga akan menggelar vaksinasi berhadiah di setiap kecamatan. "Jadi yang bawa orang vaksin dan peserta vaksin mendapatkan kupon yang akan diundi. Ini dilakukan agar vaksin bisa segera mencapai di atas 90 persen," ucapnya.

Tags OmicornBagikan

Related Stories