Vaksinasi Warga Kepulauan di Makassar Tidak Sampai Separuhnya

Selasa, 09 November 2021 04:54 WIB

Penulis:Rizal Nafkar

Editor:Rizal Nafkar

Vaksinasi.jpg
Vaksinasi

Pelaksanaan vaksinasi atau suntik vaksin COVID-19 pada warga pulau di Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar tergolong masih rendah.

Camat Sangkarrang Akbar Yusuf mengakui bahwa terdapat sekitar 12.000 warga Sangkarrang, namun wajib vaksin sekitar 9.000 lebih, sementara warga yang telah divaksin baru mencapai 40 persen atau sekitar 4.000 orang.

"Untuk sementara ini kurang lebih 4000 an warga kami yang telah vaksin. Itu cukup ada peningkatan dibandingkan awal-awal, sebab program vaksinasi juga masih ada warga kurang respon," ujarnya, dikutip Selasa (9/11/2021).

Hanya saja, diakui Akbar bahwa butuh penguatan penuh oleh tokoh masyarakat dan pejabat pemerintah setempat untuk terus mensosialisasikan pentingnya dan manfaat vaksin bagi tubuh.

"Jelasnya, kita berupaya untuk menyisir kembali warga yang belum vaksin khususnya warga yang pergi melaut karena tidak sempat ikuti jadwal yang kami tentukan, mereka diajak ke puskesmas untuk vaksin," urai Akbar.

Lurah Kodingareng Ruslan Jufri juga mengakui kesulitan mengajak warga pulau untuk ikut vaksin.

Ruslan menyebut terdapat sekitar 4.500 orang penduduk Kelurahan Kodingareng dan wajib vaksinasi sekitar 3.500 orang. Sementara penerima vaksin warga Kodingareng baru 521 orang dan 60 orang tertunda.

"Angka ini belum termasuk giat hari ini dengan target 512 orang. Kita juga upayakan anak sekolah untuk segera divaksin. Sudah ada 30 siswa dari 110 orang lainnya yang telah divaksin," ujarnya.