Tanam AI Jadi Andalan Apple untuk Tingkatkan Penjualan iPhone 16 Baru

Rabu, 11 September 2024 01:08 WIB

Penulis:Isman Wahyudi

Editor:Isman Wahyudi

iphone 16.jpg
IPhone 16 (null)

MAKASSARINSIGHT.com - Terjadinya kemerosotan bisnis, Apple berada di bawah tekanan untuk menunjukkan apa yang akan ditawarkannya guna memulai gelombang baru penjualan iPhone.

Raksasa teknologi itu memperkenalkan ponselnya  iPhone 16 yang memiliki tombol kamera di bagian luar ponsel. Tombol tersebut merupakan petunjuk eksternal terhadap perubahan yang menurut Apple telah dilakukan di dalam telepon pintar terbarunya, yang bertujuan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) terkini.

Kepala eksekutif Apple, Tim Cook, mengatakan peningkatan tersebut akan mendorong batasan kemampuan telepon pintar. “Tetapi perusahaan tersebut menghadapi persaingan ketat, karena merek lain telah mengintegrasikan fitur AI generatif ke dalam telepon genggam mereka,” kata Cook dikutip BBC, Selasa 10 September 2024.

Baca Juga: 

Harga saham Apple anjlok selama acara "Glowtime", saat perusahaan itu memperkenalkan iPhone 16 dan produk lainnya  pada Senin 9 September 2024. Perusahaan yang bernilai US$3 triliun itu menghadapi kekhawatiran  perusahaan  kehilangan keunggulannya di bidang kecerdasan buatan yang sedang berkembang pesat.

iPhone menjadi - produk terpenting Apple yang menyumbang sekitar setengah dari total penjualannya - telah mandek dalam beberapa bulan terakhir. Penjualan turun 1% selama sembilan bulan yang berakhir pada 29 Juni dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Apple mengatakan ponsel barunya  hadir dengan baterai tahan lama, chip yang lebih canggih, dan fitur privasi yang ditingkatkan. Seri ini juga merupakan ponsel pertama yang dibuat khusus untuk menangani AI dan perangkat Apple Intelligence barunya.

Ini termasuk alat-alat baru untuk menulis dan membuat emoji baru serta menggabungkan chatbot ChatGPT milik OpenAI ke dalam Siri. Ini  untuk membantu pengguna dengan beberapa pertanyaan dan permintaan pembuatan teks.

Pada hari Senin, Apple juga mengumumkan pembaruan untuk Apple Watch dan headphone AirPod-nya. Ini memungkinkan keduanya secara otomatis menurunkan volume ketika pengguna memulai percakapan langsung dan menolak panggilan dengan menggelengkan kepala.

Dikatakan AirPods versi Pro akan dapat digunakan sebagai alat bantu dengar pribadi "tingkat klinis" bagi orang-orang dengan gangguan pendengaran ringan atau sedang.

Perusahaan itu mengatakan pihaknya tengah menunggu persetujuan pemasaran dari regulator untuk perangkat tersebut "segera" dan fitur tersebut akan tersedia musim gugur ini di lebih dari 100 negara, termasuk AS, Jerman, dan Jepang.

Sebelumnya, perusahaan tersebut memiliki fitur yang memungkinkan orang memasangkan alat bantu dengar dengan iPhone dan perangkat lainnya.

Penjualan seri baru ini dimulai pada bulan September, dengan harga iPhone16 mulai dari US$799 atau sekitar Rp12 jutaan (Kurs Rp14.540) . Namun, fitur-fitur Apple Intelligence belum akan tersedia di sistem operasi hingga bulan Oktober, dimulai di Amerika dan akan tersedia di negara-negara lain dalam beberapa bulan berikutnya. 

Baca Juga: 

Apple lebih lambat dibanding pesaingnya Samsung dan Google dalam memasukkan fitur AI generatif untuk penyuntingan foto, penerjemahan, dan penelusuran web ke dalam perangkatnya. Para pesaing kini membuatnya menjadi telepon pintar yang dapat dilipat, dibalik, dan bahkan dilipat tiga.

Analis Gartner Annette Zimmermann mengatakan karena Apple meluncurkan telepon pintar yang mendukung AI lebih lambat dibandingkan para pesaingnya, maka penting bagi mereka untuk mewujudkannya. “Meluncurkan fitur tersebut sebelum siap dapat membahayakan reputasi atau menyebabkan kerugian penjualan,” katanya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 11 Sep 2024