Pulihkan Ekonomi Lewat Wisata dan Ekonomi Kreatif, Dispar Makassar Dinobatkan Jadi SKPD Kedua Terbaik

Kamis, 29 Desember 2022 09:58 WIB

Penulis:Isman Wahyudi

Editor:Isman Wahyudi

876694BC-4660-4173-AA6C-35E1025B51BF.jpeg
Dinas Pariwisata Makassar jadi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terbaik kedua lewat perannya memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Dinas Pariwisata  Kota Makassar meraih pencapaian membanggakan pada akhir tahun 2022 ini. Dinas Pariwisata dinobatkan sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berkinerja terbaik kedua pada tahun 2022.

Pencapaian itu diumumkan langsung secara terbuka oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, pada Refleksi Akhir Tahun Pemerintah Kota Makassar, di Hotel Four Points by Sheraton, Rabu (28/12/2022) malam.

Danny, sapaan akrabnya, mengungkapkan jika capaian positif Dinas Pariwisata tak lepas dari kerja keras dalam pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dinas yang penuh keterbatasan, tetapi selalu mengambil inisiatif. Selalu teratas dalam mengambil inisiatif.

“Dinas Pariwisata dengan segala keterbatasan baik anggaran, sumber daya manusia tetapi selalu mempunyai inisiatif untuk melakukan tugas-tugas yang diperintahkan termasuk dalam pemulihan ekonomi melalui sektor parekraf dan membantu Bapenda dalam  mencapai puncak pendapatan asli daerah terkhusus pajak hotel, resto dan hiburan. "

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem mengatakan bahwa capaian sektor pariwisata merupakan sektor yang menjadi unggulan dalam pemulihan ekonomi di Kota Makassar.

“Sebagai salah satu sektor yang terdampak pandemi, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif  mendapat dukungan penuh dari Pemerintah untuk bisa pulih, dimana di tahun Dinas Pariwisata memfasilitasi industri pariwisata untuk melakukan promosi langsung di 4 kota besar di Indonesia yang menjadi target pasar, kemudian untuk Industri kreatif pemerintah Kota Makassar telah meluncurkan 50 Calendar of Event 2022 dan telah berjalan dengan baik bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kebudayaan. Untuk total event yang diselenggarakan swasta selama tahun 2022 sebanyak 281 event.

Jumlah wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang berkunjung ke kota Makassar di tahun 2022 telah melampaui pencapaian kunjungan wisatawan di tahun 2021 kemarin.