Hari Raya Idulfitri, Jangan Lupa Lakukan 7 Amalan Ini

Ilustrasi keluarga yang mudik lebaran. (Freepik/creativaimages) (Freepik/creativaimages)

MAKASSAINSIGHT.com - Setiap tahun, umat Islam merayakan Hari Raya Idulfitri dengan penuh sukacita dan rasa syukur atas berakhirnya bulan suci Ramadhan. 

Selain menjadi momen untuk bersyukur, Hari Raya Idulfitri juga merupakan kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi dan beramal sunnah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 7 amalan sunnah yang umum dilakukan di Hari Raya Idulfitri:

Memperbanyak Takbir

Takbir merupakan ungkapan syukur dan pengagungan kepada Allah SWT. Ada dua jenis takbir, yaitu takbir muqayyad dan takbir mursal, yang dapat dilakukan setelah shalat fardhu/sunnah atau kapan pun selama periode Idul Fitri.

Baca Juga: 

Berhias dan Memakai Pakaian Terbaik

Sebelum pergi ke shalat Idul Fitri, disarankan untuk membersihkan diri, memotong kuku, menggunakan wewangian, dan memakai pakaian terbaik. Bagi perempuan, tetap menjaga aurat dengan berhijab adalah tuntunan sunnah.

Makan Sebelum Salat Idulfitri

Dilarang berpuasa di Hari Raya Idulfitri. Sebelum pergi ke salat, disarankan untuk menyantap makanan seperti kurma dalam jumlah ganjil sebagai tanda keberkahan.

Shalat Idulfitri

Melaksanakan shalat Idulfitri bersama keluarga dan sahabat adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Shalat dilakukan setelah matahari setinggi tombak.

Mengunjungi Tempat Keramaian

Sunnah untuk mengunjungi tempat-tempat keramaian dan merayakan kebahagiaan bersama masyarakat. Rasulullah sendiri pernah menemani Aisyah menonton pertunjukan di Hari Raya Idulfitri.

Mengunjungi Rumah Sahabat

Tradisi silaturahmi sudah ada sejak zaman Rasulullah. Mengunjungi rumah sahabat dan saling mendoakan kebaikan adalah amalan yang sangat dianjurkan.

Baca Juga: 

Memberi Ucapan Selamat 

Memberi ucapan selamat kepada sesama umat Islam merupakan wujud kebahagiaan dan kesyukuran. Contoh ucapan yang umum adalah “taqabbala allâhu minnâ wa minkum” dan “kullu ‘âmin wa antum bi khair”.

Hari Raya Idulfitri bukan hanya tentang merayakan kesuksesan menjalani ibadah Ramadhan, tetapi juga tentang mempererat hubungan silaturahmi dengan sesama umat Islam. 

Amalan-amalan sunnah di atas menjadi panduan bagi umat Islam untuk mengisi Hari Raya Idul Fitri dengan penuh berkah, kebahagiaan, dan rasa syukur kepada Allah SWT.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 07 Apr 2024 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories